Minggu, 03 Juli 2022

PROGRAM KEPEMIMPINAN MURID MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA Oleh IZATUL LAELA, S.Si CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN KE 4 KABUPATEN PASURUAN

 

PROGRAM KEPEMIMPINAN MURID MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Oleh IZATUL LAELA, S.Si

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN KE 4

KABUPATEN PASURUAN

 

F (FACTS)

Latar Belakang

Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib merujuk pada Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib dan Prosedur Operasi Standar (POS) Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib. Merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan; Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs.

Sesuai dengan visi SMPN 2 Wonorejo Terwujudnya Peserta Didik Berprestasi, Berkarakter Pelajar Pancasila, Berbudaya Lingkungan, Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berlandaskan Iman dan Taqwa”

SMPN 2 Wonorejo merupakan sekolah yang letaknya dekat perkampungan penduduk dengan dikelilingi sawah. Memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk menunjang proses pembelajaran. Kepala sekolah yang visioner, memiliki kemampuan dalam memimpin dan mendukung program sekolah dengan baik. Tenaga pendidik yang kompeten dengan latar belakang Pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, tenaga kependidikan yang mampu mengelola administrasi menggunakan IT, murid-murid dengan semangat dan motivasi yang tinggi, berpartisipasi aktif dalam berbagai event lomba baik akademik mapun non akademik.

 

Tujuan Program

Wujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Misi :

1.Mewujudkan murid yang mampu bergotong royong.

2.Mewujudkan kepemimpinan murid yang memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.

3.Mewujudkan murid yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.

4.Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid yang mendorong murid mengembangkan berbagai sikap-sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.

5.Mewujudkan murid yang mandiri.

6.Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid yang mendorong murid untuk mengambil kontrol dan bertanggung jawab pada proses pembelajarannya sendiri.

Sasaran Program

Murid-murid SMPN 2 Wonorejo diutamakan kelas 7 dan 8, Kelas 9 boleh memilih.

Karakter Yang dikembangkan

·         Kepemimpinan

·         Percaya Diri

·         Mandiri

·         Tanggung jawab

·         Gotong royong

Dasar Teori Pembentukan Program

Dasar filosofi Ki Hajar Dewantara terkait tujuan dari Pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang dimiliki anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Prakarsa Perubahan

Pandemi covid-19 telah mengubah banyak hal termasuk dalam bidang Pendidikan. Sudah 2 tahun kegiatan ekstrakurikuler Pramuka vakum, maka perlu dihidupkan kembali.

Karakteristik Lingkungan pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang akan dikembangkan

·         Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan, atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya dapat dirasakan oleh sekitarnya.

·         Lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap Tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kondisi yang sulit

Poin/Komponen Profil Pelajar Pancasila Yang Dikembangkan

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid mengembangkan berbagai sikap positif yang menerapkan pemahaman agama yang diyakini dalam kehidupan sehari-hari (akhlak agama, pribadi, hubungan social, alam, bernegara)
  2. Berkebinekaan global. mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.,kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
  3. Bergotong royong. Kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan
  4. Mandiri. Bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

 

  1. Bernalar kritis. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan.
  2. Kreatif. Menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

 

Langkah Pelaksanaan Program

Planning_Menentukan tujuan yang akan dicapai dalam suatu masa yang akan datang dan apa yang harus dilakukan agar dapat mencapai tujuan itu.

 

Dalam hal ini saya menggunakan alur BAGJA yang terdiri dari :

1.Buat Pertanyaan

Ø Bagaimana kita dapat mewujudkan profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka?

* Diskusi bersama kepala sekolah, wakil kepala sekolah, urusan kesiswaan dan rekan guru bagaimana menghidupkan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah dan dapat berhasil

* Dialog dengan rekan kerja mengidentifikasi profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka

* Melakukan sesi dialog dengan perwakilan siswa untuk menguatkan ide di tahap awal ini

* Aset : Murid-murid, Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum, Rekan guru, Kepala sekolah

* Penanggung jawab : CGP

* Waktu yang diperlukan : 1 minggu

2. Ambil Pelajaran

Ø Aktivitas apa saja yang merupakan perwujudan profil pelajar Pancasila?

Mana kegiatan sekolah yang telah menguatkan perwujudan profil pelajar Pancasila?

Mana kebijakan sekolah yang telah mendukung perwujudan profil pelajar Pancasila?

* Survei minat ekstrakurikuler siswa

* Wali kelas memberikan 'pertanyaan' (yg telah diindentifikasi sebelumnya) kepada murid di kelasnya

* Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui penguatan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka

* Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui momen-momen yang selama ini dapat menguatkan profil pelajar Pancasila

* Aset : Orangtua murid, Murid-murid, Waktu, Kebijakan sekolah, Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka

* Penanggung jawab : CGP, Wali kelas

* Waktu yang diperlukan : 1 minggu

3..G-ali mimpi (Dream)

Ø Seperti apa bentuk kegiatan ektrakuler Pramuka yang menyenangkan sekaligus menguatkan perwujudan profil pelajar Pancasila?

Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?

* Menyediakan ruang dialog untuk murid di tiap jenjang kelas membahas mimpi dan dampaknya dalam program ini

* Menyediakan ruang dialog untuk guru, kepala sekolah, orang tua perwakilan kelas membahas jawaban-jawaban murid

* Mendapatkan aspirasi (harapan/mimpi) umum dari lebih banyak murid tentang program yang dapat meningkatkan minat murid sekaligus menguatkan peran profil pelajar Pancasila secara positif, arif, dan bijaksana.

* Aset : Orangtua murid, Murid-murid, Waktu, Kebijakan sekolah, Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka

* Penanggung jawab : CGP, Wali kelas

* Waktu yang diperlukan : 1 minggu

4.Jabarkan Rencana

Ø Kebijakan sekolah seperti apa yang sudah ada (maupun yang belum ada) dapat menguatkan program ini?

Bagaimana program ini dapat masuk dalam jadwal di sekolah?

Sistem seperti apa yang sudah baik dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yang dapat diaplikasikan/diubahsuaikan untuk program ini?

Bagaimana kita mengetahui minat terhadap kegiatan ekstrakurikuler Pramuka murid meningkat?

* Musyawarah-musyawarah kerja bersama: murid, guru-guru, orangtua perwakilan kelas yang akan menjabarkan ide/cara konkret untuk membahas 'pertanyaan' dan apa pun yang dapat mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka antara lain seperti:

1. Pengaturan jadwal kegiatan

2. Penentuan pembina.

3. Penentuan kebijakan yang mendukung.

* Komitmen dari murid penting dalam pelaksanaan program ini dalam keseharian. Mereka dapat menentukan bagaimana cara terbaik yang menarik dan menyenangkan bagi mereka. Mereka juga dapat difasilitasi untuk mengorganisasi proses penentuannya di antara mereka.

* Aset : Orangtua murid, Murid-murid, Waktu, Kebijakan sekolah, Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka

* Penanggung jawab : CGP, Wali kelas

* Waktu yang diperlukan : 1-2 minggu

5. Atur Eksekusi

Ø Siapa (murid dan guru) yang bertanggung jawab memonitor agar kegiatan dapat berjalan dengan menyenangkan dan berkelanjutan?

Siapa yang akan menjadi pembina dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka ini

* Membentuk kepengurusan ekstrakurikuler Pramuka yang akan mengelola dukungan untuk terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler Pramuka

* Menyediakan 'kursi' untuk murid duduk di dalam kepengurusan yang meningkatkan minat murid terhadap kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah sehingga memungkinkan murid untuk berkontribusi aktif dalam proses pengambilan keputusan

* Aset : Orangtua murid, Murid-murid, Waktu, Kebijakan sekolah, Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan sekolah dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka

* Penanggung jawab : CGP, Wali kelas, Murid yang mewakili

* Waktu yang diperlukan : 1-2 minggu

Organizing_mengelompokkan dan menentukan berbagai kegiatan yang penting dan memberikan kekuasaan untuk melaksanakan kegiatan itu.

 

Proses Jalannya Aksi


 

Melakukan komunikasi dengan Kepala Sekolah terkait program menghidupkan kembali kegiatan ekstrakurikuler Pramuka.

 



Melakukan dialog dengan rekan sejawat terkait rencana program menghidupkan kembali kegiatan ekstrakurikuler Pramuka.

 



Melakukan dialog dengan perwakilan siswa terkait rencana program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka




Menghadirkan alumni untuk menjadi Pembina ekstrakurikuler Pramuka

 

Launching Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah

 

 

F (FEELING)

 

REFLEKSI

Siswa merespon positif kegiatan ini, mereka begitu bersemangat mengikutinya karena sudah 2 tahun lamanya vakum dari kegiatan semacam ini.

 

Saya sebagai CGP merasa senang dan bangga karena kegiatan ekstrakurikuler Pramuka bisa berjalan lagi. Sekolah kami selalu mengikuti berbagai even terkait dengan Pramuka dan menorehkan tinta emas dalam berbagai kejuaraan baik tingkat kecamatan maupun kabupaten.

 

 

F (FINDING)

Dampak Program

·         Program ini memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kecakapan hidup dalam mengorganisasi, melatih kepemimpinan.

·         Sekolah memiliki program yang berdampak pada murid yang bisa dikembangkan di masa yang akan dating

·         Menumbuhkan profil pelajar Pancasila

·         Mengembangkan keterampilan abad 21 (kreatif, komunikatif, kolaboratif, berpikir kritis dan menyelesaikan masalah)

 

F(FUTURE)

·         Memperluas jaringan dan relasi terkait kepramukaan, baik dengan alumni maupun kwartir /gugus lainnya

·         Motivating bukan hanya yang aktif ikut Pramuka saja tapi juga kepada siswa lainnya

·         Evaluasi dan refleksi serta membuat RTL secara berkala dan berkesinambungan.

 

Berikut susunan pengurus ekstrakurikuler Pramuka SMPN 2 Wonorejo

Tahun Pelajaran 2022-2023

Penasehat                   : Sukamto, S,Pd (Kepala Sekolah)

Koordinator                 : Izatul Laela, S.Si (CGP)

Pembina                      : 1. Elas Afkarina (Alumni)

                                      2. Mufia Fuida (Alumni)

                                      3. Roudhotul Jannah (Alumni)

Ketua                           : Mochammad Aditya Alifudin Abrar (Kelas 8A)

Wakil Ketua                 : Rengga Saputra (Kelas 9B)

Sekretaris                    : Ellyna Novianti (Kelas 8B)

Wakil Sekretaris          : Amelia (Kelas 9B)

Bendahara                  : Denis Saputra (Kelas 8B)

Wakil Bendahara         :   Tahta (Kelas 9A)

 

Berikut ini link Prakarsa perubahan untuk ekstrakurikuler Pramuka:

https://www.canva.com/design/DAFDxSEKl4Q/FqK_ztoK8n7y4XB3OkJ2ig/view?utm_content=DAFDxSEKl4Q&utm_campaign=share_your_design&utm_medium=link&utm_source=shareyourdesignpanel

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar