PROGRAM KEPEMIMPINAN MURID MELALUI
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Oleh IZATUL LAELA, S.Si
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN KE 4
KABUPATEN PASURUAN
F (FACTS)
Latar Belakang
Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib
merujuk pada Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan
Ekstrakurikuler Wajib dan Prosedur Operasi Standar (POS) Penyelenggaraan
Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib. Merupakan bagian
tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun
2008 tentang Pembinaan Kesiswaan; Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur
Kurikulum SMP/MTs.
Sesuai
dengan visi SMPN 2 Wonorejo Terwujudnya Peserta Didik Berprestasi, Berkarakter
Pelajar Pancasila, Berbudaya Lingkungan, Menguasai Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi Berlandaskan Iman dan Taqwa”
SMPN
2 Wonorejo merupakan sekolah yang letaknya dekat perkampungan penduduk dengan
dikelilingi sawah. Memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk
menunjang proses pembelajaran. Kepala sekolah yang visioner, memiliki kemampuan
dalam memimpin dan mendukung program sekolah dengan baik. Tenaga pendidik yang
kompeten dengan latar belakang Pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran
yang diampu, tenaga kependidikan yang mampu mengelola administrasi menggunakan
IT, murid-murid dengan semangat dan motivasi yang tinggi, berpartisipasi aktif
dalam berbagai event lomba baik akademik mapun non akademik.
Tujuan
Program
Wujudkan
Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
Misi
:
1.Mewujudkan murid yang mampu bergotong royong.
2.Mewujudkan kepemimpinan murid yang memungkinkan murid untuk
terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi
dalam masyarakat yang lebih luas.
3.Mewujudkan murid yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.
4.Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid yang mendorong murid
mengembangkan berbagai sikap-sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari
iman, ketakwaan dan akhlak mulia.
5.Mewujudkan murid yang mandiri.
6.Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid yang mendorong murid
untuk mengambil kontrol dan bertanggung jawab pada proses pembelajarannya
sendiri.
Sasaran
Program
Murid-murid
SMPN 2 Wonorejo diutamakan kelas 7 dan 8, Kelas 9 boleh memilih.
Karakter
Yang dikembangkan
·
Kepemimpinan
·
Percaya Diri
·
Mandiri
·
Tanggung jawab
·
Gotong royong
Dasar
Teori Pembentukan Program
Dasar
filosofi Ki Hajar Dewantara terkait tujuan dari Pendidikan yaitu menuntun
segala kodrat yang dimiliki anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan
kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia maupun sebagai anggota
masyarakat.
Prakarsa
Perubahan
Pandemi
covid-19 telah mengubah banyak hal termasuk dalam bidang Pendidikan. Sudah 2
tahun kegiatan ekstrakurikuler Pramuka vakum, maka perlu dihidupkan kembali.
Karakteristik
Lingkungan pendukung tumbuhnya kepemimpinan murid yang akan dikembangkan
·
Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat
menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan, atau mimpi yang manfaat dan
kebaikannya dapat dirasakan oleh sekitarnya.
·
Lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap Tangguh
murid untuk terus bangkit di tengah kondisi yang sulit
Poin/Komponen
Profil Pelajar Pancasila Yang Dikembangkan
- Beriman,
bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Menumbuhkembangkan
kepemimpinan murid akan mendorong murid mengembangkan berbagai sikap
positif yang menerapkan pemahaman agama yang diyakini dalam kehidupan
sehari-hari (akhlak agama, pribadi, hubungan social, alam, bernegara)
- Berkebinekaan
global. mempertahankan budaya
luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam
berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling
menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif
dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.,kemampuan
komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi
dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
- Bergotong
royong. Kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka
rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan
- Mandiri.
Bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Kesadaran akan diri
dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
- Bernalar
kritis. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan
mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan
mengambil Keputusan.
- Kreatif.
Menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan
yang orisinal.
Langkah Pelaksanaan
Program
Planning_Menentukan
tujuan yang akan dicapai dalam suatu masa yang akan datang dan apa yang harus
dilakukan agar dapat mencapai tujuan itu.
Dalam hal ini saya
menggunakan alur BAGJA yang terdiri dari :
1.Buat Pertanyaan
Ø Bagaimana kita dapat mewujudkan profil Pelajar Pancasila melalui
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka?
* Diskusi bersama kepala sekolah, wakil kepala sekolah, urusan
kesiswaan dan rekan guru bagaimana menghidupkan kegiatan ekstrakurikuler
Pramuka di sekolah dan dapat berhasil
* Dialog dengan rekan kerja mengidentifikasi profil Pelajar
Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
* Melakukan sesi dialog dengan perwakilan siswa untuk menguatkan
ide di tahap awal ini
* Aset : Murid-murid, Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum, Rekan
guru, Kepala sekolah
* Penanggung jawab : CGP
* Waktu yang diperlukan : 1 minggu
2. Ambil Pelajaran
Ø Aktivitas apa saja yang merupakan perwujudan profil pelajar
Pancasila?
Mana kegiatan sekolah yang telah menguatkan perwujudan profil
pelajar Pancasila?
Mana kebijakan sekolah yang telah mendukung perwujudan profil
pelajar Pancasila?
* Survei minat ekstrakurikuler siswa
* Wali kelas memberikan 'pertanyaan' (yg telah diindentifikasi
sebelumnya) kepada murid di kelasnya
* Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui
penguatan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
* Curah pendapat bersama lebih banyak murid untuk mengetahui
momen-momen yang selama ini dapat menguatkan profil pelajar Pancasila
* Aset : Orangtua murid, Murid-murid, Waktu, Kebijakan sekolah,
Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan
sekolah dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
* Penanggung jawab : CGP, Wali kelas
* Waktu yang diperlukan : 1 minggu
3..G-ali mimpi (Dream)
Ø Seperti apa bentuk kegiatan ektrakuler Pramuka yang menyenangkan
sekaligus menguatkan perwujudan profil pelajar Pancasila?
Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan
berjalan baik?
* Menyediakan ruang dialog untuk murid di tiap jenjang kelas
membahas mimpi dan dampaknya dalam program ini
* Menyediakan ruang dialog untuk guru, kepala sekolah, orang tua
perwakilan kelas membahas jawaban-jawaban murid
* Mendapatkan aspirasi (harapan/mimpi) umum dari lebih banyak
murid tentang program yang dapat meningkatkan minat murid sekaligus menguatkan
peran profil pelajar Pancasila secara positif, arif, dan bijaksana.
* Aset : Orangtua murid, Murid-murid, Waktu, Kebijakan sekolah,
Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan
sekolah dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
* Penanggung jawab : CGP, Wali kelas
* Waktu yang diperlukan : 1 minggu
4.Jabarkan Rencana
Ø Kebijakan sekolah seperti apa yang sudah ada (maupun yang belum
ada) dapat menguatkan program ini?
Bagaimana program ini dapat masuk dalam jadwal di sekolah?
Sistem seperti apa yang sudah baik dalam penyelenggaraan kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka yang dapat diaplikasikan/diubahsuaikan untuk program
ini?
Bagaimana kita mengetahui minat terhadap kegiatan ekstrakurikuler
Pramuka murid meningkat?
* Musyawarah-musyawarah kerja bersama: murid, guru-guru, orangtua
perwakilan kelas yang akan menjabarkan ide/cara konkret untuk membahas
'pertanyaan' dan apa pun yang dapat mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
antara lain seperti:
1. Pengaturan jadwal kegiatan
2. Penentuan pembina.
3. Penentuan kebijakan yang mendukung.
* Komitmen dari murid penting dalam pelaksanaan program ini dalam
keseharian. Mereka dapat menentukan bagaimana cara terbaik yang menarik dan
menyenangkan bagi mereka. Mereka juga dapat difasilitasi untuk mengorganisasi
proses penentuannya di antara mereka.
* Aset : Orangtua murid, Murid-murid, Waktu, Kebijakan sekolah,
Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan
sekolah dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
* Penanggung jawab : CGP, Wali kelas
* Waktu yang diperlukan : 1-2 minggu
5. Atur Eksekusi
Ø Siapa (murid dan guru) yang bertanggung jawab memonitor agar
kegiatan dapat berjalan dengan menyenangkan dan berkelanjutan?
Siapa yang akan menjadi pembina dalam kegiatan ekstrakurikuler
Pramuka ini
* Membentuk kepengurusan ekstrakurikuler Pramuka yang akan
mengelola dukungan untuk terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
* Menyediakan 'kursi' untuk murid duduk di dalam kepengurusan yang
meningkatkan minat murid terhadap kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolah
sehingga memungkinkan murid untuk berkontribusi aktif dalam proses pengambilan
keputusan
* Aset : Orangtua murid, Murid-murid, Waktu, Kebijakan sekolah,
Dinas pendidikan, lembaga lain, dan komunitas yang sudah menjadi rekanan
sekolah dalam mendukung kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
* Penanggung jawab : CGP, Wali kelas, Murid yang mewakili
* Waktu yang diperlukan : 1-2 minggu
Organizing_mengelompokkan
dan menentukan berbagai kegiatan yang penting dan memberikan kekuasaan untuk
melaksanakan kegiatan itu.
Proses Jalannya Aksi
Melakukan komunikasi
dengan Kepala Sekolah terkait program menghidupkan kembali kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka.
Melakukan dialog dengan
rekan sejawat terkait rencana program menghidupkan kembali kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka.
Melakukan dialog dengan perwakilan
siswa terkait rencana program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
Menghadirkan alumni
untuk menjadi Pembina ekstrakurikuler Pramuka
Launching Kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah
F (FEELING)
REFLEKSI
Siswa merespon positif
kegiatan ini, mereka begitu bersemangat mengikutinya karena sudah 2 tahun
lamanya vakum dari kegiatan semacam ini.
Saya sebagai CGP merasa senang
dan bangga karena kegiatan ekstrakurikuler Pramuka bisa berjalan lagi. Sekolah
kami selalu mengikuti berbagai even terkait dengan Pramuka dan menorehkan tinta
emas dalam berbagai kejuaraan baik tingkat kecamatan maupun kabupaten.
F (FINDING)
Dampak Program
·
Program ini memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan
kecakapan hidup dalam mengorganisasi, melatih kepemimpinan.
·
Sekolah memiliki program yang berdampak pada murid yang bisa
dikembangkan di masa yang akan dating
·
Menumbuhkan profil pelajar Pancasila
·
Mengembangkan keterampilan abad 21 (kreatif, komunikatif,
kolaboratif, berpikir kritis dan menyelesaikan masalah)
F(FUTURE)
·
Memperluas jaringan dan relasi terkait kepramukaan, baik dengan
alumni maupun kwartir /gugus lainnya
·
Motivating bukan hanya yang aktif ikut Pramuka saja tapi juga
kepada siswa lainnya
·
Evaluasi dan refleksi serta membuat RTL secara berkala dan
berkesinambungan.
Berikut susunan pengurus ekstrakurikuler Pramuka SMPN 2 Wonorejo
Tahun Pelajaran 2022-2023
Penasehat :
Sukamto, S,Pd (Kepala Sekolah)
Koordinator :
Izatul Laela, S.Si (CGP)
Pembina :
1. Elas Afkarina (Alumni)
2. Mufia Fuida (Alumni)
3. Roudhotul Jannah (Alumni)
Ketua :
Mochammad Aditya Alifudin Abrar (Kelas 8A)
Wakil Ketua :
Rengga Saputra (Kelas 9B)
Sekretaris :
Ellyna Novianti (Kelas 8B)
Wakil Sekretaris :
Amelia (Kelas 9B)
Bendahara :
Denis Saputra (Kelas 8B)
Wakil Bendahara : Tahta
(Kelas 9A)
Berikut ini link Prakarsa perubahan untuk ekstrakurikuler
Pramuka:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar