Jumat, 05 April 2024

 

Mulai Dari Diri - Coaching


Anda ingin menjadi Pengajar Praktik yang seperti apa?

Saya ingin menjadi Pengajar Praktik yang memiliki kesadaran diri untuk hadir sepenuhnya mendampingi CGP agar tujuan mereka tercapai, demokratis sehingga bisa menghargai perbedaan, keberagaman, toleransi, dialektis, saling memahami, menjalin hubungan yang positif dan mendorong kelompok mengambil keputusan yang bertanggung jawab, berpikir sistematis, dapat melihat dan memetakan kebutuhan individu atau kelompok dengan jelas, menerima umpan balik, mendengarkan orang lain dengan perhatian sebanyak mungkin, dan menangkap sudut pandang yang berbeda untuk membantu kemajuan kelompok, empati, percaya diri, terbuka, obyektif dan fokus.

 

Anda ingin mendampingi CGP agar mereka menjadi GP yang seperti apa?

Saya ingin mendampingi CGP agar mereka menjadi GP yang mampu memperbaiki proses pembelajarannya dalam kelas, mempunyai program yang berdampak pada murid, membawa perubahan pada lingkungannya, menerapkan nilai dan peran GP, serta dapat menjadi praktik baik bagi rekan sejawat di sekitarnya.

 

Apakah Anda memiliki pengalaman mendampingi/mengembangkan seseorang secara individual di mana orang yang didampingi/ dikembangkan tersebut dinilai  berhasil?

Saya memiliki pengalaman mendampingi/mengembangkan seseorang secara individual di mana orang yang saya dampingi tersebut dinilai  berhasil yaitu rekan sejawat, teman dalam satu komunitas di MGMP IPA SMP. Teman saya tersebut menerima apa yang saya lakukan, apa yang saya baca, dan apa yang saya sukai. Saya mendampingi dengan berbagi pengalaman yang saya miliki. Alhamdulillah sekarang dia sudah berhasil, sudah menjadi GP angkatan 7 dan sekarang bersama dengan saya mengikuti pembekalan Calon Pengajar Praktik Angkatan 11 Gelombang 3 juga. Saat ini teman saya tersebut juga mengemban amanah sebagai kepala sekolah di SDN Sumberrejo 3 Kabupaten Pasuruan.

 

Apa saja yang membuat itu menjadi berhasil?

Hal-hal ang membuat itu menjadi berhasil antara lain kesungguhan niat yang dimiliki, sarana pendukung yang memadai, cara dia dia menyerap apa yang saya lakukan. Saya memberikan kesempatan yang seluas-luasnya pada teman saya untuk bertanya apapun yang ingin diketahui.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar