Jumat, 05 April 2024

 

Refleksi Hari ke 7


Question 1
Hari ini saya belajar ...
Your Answer:

Hari ini saya belajar tentang

  1. Elaborasi pemahaman tentang Pendidikan Yang Memerdekakan dengan menganalisa 4 video (memilih salah satu). Dari salah satu video tersebut kita diminta untuk menceritakan hal-hal yang sudah selaras dengan praktik pendidikan yang memerdekakan. Selain itu kita juga diminta untuk mencermati dan menganalisa hal-hal yang tidak selaras dengan prinsip pendidikan yang memerdekakan, yang dirasa perlu diubah, dikembangkan atau dihilangkan. Selanjutnya kita diminta untuk menjelaskan hal-hal tentang prinsip pendidikan yang memerdekakan di sekolah kita masing-masing.
  2. Diskusi kelompok membahas Praktik Baik Prakarsa Perubahan menggunakan Kanvas ATAP. ATAP merupakan akronim dari A = Awal/Aset, T= Tantangan, A = Aksi, P = Pelajaran

 

Awal/Aset : bagian yang menceritakan situasi awal meliputi tanggung jawab sebagai guru dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai,

Tantangan : bagian yang menceritakan tentang kesulitan yang harus diselesaikan untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran,

Aksi : bagian yang menceritakan strategi dari pelaksanaan strategi belajar termasuk penyesuaian bila ada,

Pelajaran : bagian yang menceritakan hasil refleksi terhadap keseluruhan proses.

 

 

 
Question 2
Hal yang paling membuat tertarik pada hari ini ketika ...
Your Answer:

Hal yang paling membuat tertarik pada hari ini ketika masing-masing kelompok mempresentasikan praktik baik Prakarsa Perubahan menggunakan Kanvas ATAP. Semua itu sungguh menginspirasi untuk melakukan hal yang sama di sekolah saya sendiri.

 
Question 3
Hal tersulit yang terjadi pada saya hari ini ketika ...
Your Answer:

Hal tersulit yang terjadi pada saya hari ini ketika

Sebenarnya bagi saya tidak ada kata sulit. Kesulitan atau kendala adalah tantangan bagi saya. Oleh karenanya saya merasa tidak ada kesulitan yang saya hadapi untuk pembelajaran hari ini. Kalaupun ada kesulitan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari jalan keluarnya.

 
Question 4
Saya bangga kepada diri saya hari ini ketika ...
Your Answer:

Saya bangga kepada diri saya hari ini ketika saya bisa menyampaikan pendapat dan dapat diterima dengan baik oleh instruktur dan teman-teman terkait praktik baik Prakarsa Perubahan menggunakan Kanvas ATAP di sekolah saya yaitu Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Bacaan Multimodal.

 
Question 5
Saya ingin tahu lebih banyak tentang ...
Your Answer:

Saya ingin tahu lebih banyak tentang semua praktik yang dilakukan oleh teman-teman sebab keterbatasan waktu hanya perwakilan kelompok saja yang disampaikan. Saya yakin praktik baik yang sudah dilakukan teman-teman tentu sangat inspiratif dan bisa ditiru juga.

 
Question 6
Satu hal yang ingin saya coba adalah ...
Your Answer:

Satu hal yang ingin saya coba adalah melakukan praktik baik pendidikan yang memerdekakan seperti tayangan pada keempat video pada LMS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar