Kamis, 09 Februari 2023

SIMPOSIUM DAN PENGUKUHAN GURU PENGGERAK ANGKATAN IV KAB. PASURUAN

 
SIMPOSIUM DAN PENGUKUHAN GURU PENGGERAK ANGKATAN IV KAB. PASURUAN

Izatul Laela, S.Si

Guru Penggerak Angkatan IV Kab. Pasuruan

                Program Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini dilaksanakan secara daring/online melalui LMS (Learning Management System), pendampingan individu oleh pengajar praktik, loka karya, konferensi yang dipandu oleh fasilitator maupun instruktur, namun tetap melaksanakan tugas sebagai guru. 


                Pada hari Rabu, 8 Februari 2023 dilaksanakan simposium dan pengukuhan guru penggerak angkatan IV kabupaten Pasuruan setelah menjalani pendidikan selama lebih kurang 15 bulan, 6 bulan tambahan dari target 9 bulan yang direncanakan. Program Guru Penggerak Angkatan IV merupakan angkatan terakhir yang menjalani pendidikan 9 bulan. Setelahnya, yaitu angkatan V, VI dan seterusnya melaksanakan pendidikan selama 6 bulan saja. 


                Simposium dan Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan IV kabupaten Pasuruan ini dilaksanakan di aula SMP Negeri 1 Gondang Wetan dihadiri oleh 145 guru penggerak dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP dan SMA/SMK. Hadir dalam kesempatan ini adalah  Kepala BBGP Propinsi Jawa Timur Drs. Abu Khaer, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hasbullah, S.Pd beserta jajarannya yaitu Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (Kabid GTK) Drs. Imam Supi'i,M.Pd,  Kasie Kurikulum Mochammad Syafi'i,M.Pd, Kasie Pembinaan SMA Cabang Dinas Wilayah Pasuruan Benny Sujatmiko, SE, Drs. Sugeng Suprayoga kepala SMP Negeri 1 Gondang Wetan selaku tuan rumah, perwakilan pengawas, perwakilan kepala sekolah serta guru pengajar praktik.


                    Hasbullah yang akrab disapa 'Abi' dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada guru penggerak angkatan IV yang telah menyelesaikan pendidikan selama lebih dari 1 tahun. Abi berharap bahwa program guru penggerak ini bisa dilaksanakan dengan baik, berkelanjutan karena pemerintah telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Beliau juga berharap agar para guru penggerak  sebagai insan pendidikan dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai agen perubahan yang selaras dengan program pemerintah yaitu merdeka belajar, merdeka mengajar berbasis fitrah. Hal ini juga sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.



                Lebih lanjut beliau menghimbau kepada guru penggerak agar dapat melaksanakan aksi nyata pada masing-masing lembaga tempat mengemban amanah untuk dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan minat, bakat dan potensi anak didik. Beliau memberikan contoh nyata mengekspresikan pemikiran dalam bentuk lagu terbukti dengan lagu ciptaannya yang berjudul Insan Pendidikan dan Gerbang Pendekar Santri.


                Pada kesempatan yang sama kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) juga menyampaikan ucapan selamat kepada guru penggerak angkatan IV kabupaten Pasuruan. Beliau berpesan bahwa setiap anak didik memiliki sifat unik yang berbeda. "Seruling biarlah berbunyi seruling. Saxofone biarlah berbunyi saxofone. Piano biarlah berbunyi piano. Ketika semua alat musik ini dimainkan dengan irama yang berbeda akan terbentuk harmoni orkestra yang merdu dan indah." Maknanya bahwa sebagai guru harus dapat memahami minat, bakat dan potensi anak didik. Tugas gurulah untuk mengarahkan anak didik sesuai dengan minat, bakat dan potensi mereka.


                Beliau juga menghimbau kepada para guru penggerak agar melaksanakan transformasi dan memaksimalkan media digital dalam pembelajaran misalnya melalui platform merdeka mengajar (PMM), SIMPKB, dan lain-lain. 


                Puncak acara yang ditunggu yaitu pengukuhan 145 guru penggerak oleh Kadisdik untuk jenjang PAUD, TK, SD, SMP, sedangkan jenjang SMA/SMK oleh Kasie Pembinaan SMA Cabang Dinas Wilayag Pasuruan dan disaksikan oleh kepala BBGP Jawa Timur.




Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Simposium dan Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan 4 Kab. Pasuruan", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/izatul03711/63e500154addee2c26788272/simposium-dan-pengukuhan-guru-penggerak-angkatan-4-kab-pasuruan?utm_source=Whatsapp&utm_medium=Refferal&utm_campaign=Sharing_Desktop


Kreator: Izatul Laela




Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar