Minggu, 12 Februari 2023

Upacara Bendera : Sebuah Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila


Upacara Bendera : Sebuah Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila

Izatul Laela, S.Si

Pendidik di SMPN 2 Wonorejo

            Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

            Setiap hari Senin, SMPN 2 Wonorejo melaksanakan upacara bendera secara rutin. Yang menjadi petugas pelaksana adalah perwakilan dari tiap kelas, mulai kelas VII, VIII dan IX. Demikian pula yang menjadi pembina upacara. Seluruh Bapak/Ibu Dewan Guru dan Kepala Sekolah secara bergantian terjadwal sesuai dengan data urutan kepangkatan (DUK).

 

            Seperti yang di lakukan pada Senin, 13 Februari 2023. Upacara bendera berlangsung dengan hikmat, tertib dan aman. Yang bertugas sebagai petugas upacara yaitu kelas VIII B.. Diikuti oleh kepala sekolah, 19 orang guru, 6 orang tenaga kependidikan dan 177 peserta didik. Yang bertugas sebagai perwira upacara yaitu Ali Akbar, pemimpin upacara :Eka Silmi Kafah, pembacaan UUD 19945: M. Nur Kholis, ajudan yang membawa teks Pancasila dan Visi Misi SMPN 2 Wonorejo : Rafi Idrus.

            Sebanyak 12  peserta didik yang tergabung dalam paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai pengiring saat pengibaran bendera Merah Putih yang di dipandu oleh Sintia Ramadani. Demikian juga saat mengheningkan cipta.

            Dalam amanat pembina upacara, Ibu Sinta Purwaningsari, S.Pd memberikan reward kepada petugas upacara dari kelas VIII B karena telah melaksanakan tugas dengan baik. Kalau ada kekurangan itu merupakan hal yang wajar dan menjadi pembelajaran bagi kelas lain agar melaksanakan dengan lebih baik lagi. Dalam amanatnya Ibu Sinta mengingatkan kepada peserta didik tentang pentingnya disiplin dalam segala hal.

          Dikutip dari Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kemendikbudristek disebutkan profil pelajar Pancasila adalah pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila

        Upacara bendera bukanlah kegiatan yang sekedar berdiri beberapa menit saja, dalam pelaksanaannya bermakna bahwa Indonesia adalah negara yang telah merdeka. Buah dari jasa para pahlawan yang berjuang hingga titik darah penghabisan bahkan terusir dari ibu pertiwi yang kita cintai.

                Adapun tujuan khusus diterapkan kegiatan upacara adalah untuk mendisiplinkan peserta didik sejak dini, serta menanamkan rasa patriotisme dalam diri peserta didik.

                 Dengan melaksanakan upacara bendera, secara langsung maupun tidak langsung peserta didik sudah menerapkan nilai-nilai yang terdapat dalam profil pelajar Pancasila.

        Peserta didik memiliki kemampuan untuk berpikir terbuka terhadap perbedaan dan kemajemukan (dibuktikan dengan tidak membeda-bedakan teman dengan berbagai latar belakang), memiliki kepedulian pada lingkungannya  dan menjadikan kemajemukan yang ada sebagai kekuatan untuk hidup bergotong royong, memiliki inisiatif dan siap untuk belajar akan hal-hal yang baru.

                Di usia yang masih muda, seorang pelajar Pancasila harus dapat mandiri dan memiliki rasa tanggung jawab akan sebuah proses. Di lain sisi, pelajar Pancasila juga harus mampu mengatur pikiran, perasaan, dan perilaku dirinya untuk mencapai tujuan belajarnya.

             Tidak hanya itu, pelajar Pancasila harus aktif dalam mencari cara untuk meningkatkan kapasitas diri dan bersikap reflektif agar dapat terus berkontribusi kepada bangsa, negara, dan dunia.

                Semoga semakin banyak peserta didik yang mengetahui makna, memperoleh manfaat dari kegiatan upacara bendera serta semakin bersemangat dalam melaksanakannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar