Jumat, 05 April 2024


Belajar bedah buku Lokakarya Calon Guru Penggerak


 1. Jelaskan secara singkat apa yang dilakukan dan dipelajari oleh calon guru penggerak pada Lokakarya Calon Guru Penggerak?

Berbeda dari angkatan 1 sampai 4 yang melaksanakan lokakarya sebanyak 9 kali, angkatan 5 dan seterusnya melaksanakan lokakarya sebanyak 7 kali. Yang akan dilakukan dan dipelajari oleh CGP pada lokakarya-lokakarya CGP yaitu :

Lokakarya Orientasi: Pada lokakarya ini CGP akan mengenal ekosistem belajar program guru penggerak, memahami program Pendidikan Guru Penggerak, mengidentifikasi posisi diri dalam Kompetensi Guru Penggerak, dan membuat rencana pengembangan kompetensi diri.

Lokakarya 1: Pada lokakarya ini CGP akan memahami hubungan mindset pemimpin pembelajaran di sekolah, pentingnya komunitas praktisi, dan bagaimana mengidentifikasi serta mengaitkan komunitas praktisi untuk mendukung peran guru penggerak.

Lokakarya 2: Pada lokakarya ini CGP akan memperbaharui rencana perubahan diri mereka berdasarkan umpan balik dari peserta lain.

Lokakarya 3: Pada lokakarya ini CGP akan memahami pembelajaran berdiferensiasi, integrasi kompetensi sosial emosional dalam mengajar , dan merencanakan strategi berbagi dengan rekan sejawat.

Lokakarya 4: Pada lokakarya ini CGP akan belajar kemampuan coaching, identifikasi kekuatan dan pengembangan, serta supervisi akademik dengan pola pikir coaching.

Lokakarya 5: Pada lokakarya ini CGP akan memaknai data dari tahapan sebelumnya untuk merancang fase Gali Mimpi, termasuk menentukan aktor yang terlibat dan membuat perencanaan program.

Lokakarya 6: Pada lokakarya ini CGP akan menghasilkan rencana kerja satu tahun untuk pengembangan sekolah dan merencanakan penguatan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.

Lokakarya 7: Pada lokakarya terakhir ini CGP akan menjelaskan praktik baik dan hasil program yang telah mereka kembangkan, memberikan saran pengembangan, dan membagikan hasil pembelajaran kepada undangan. Lokakarya 7 ini merupakan saatnya panen karya bagi CGP selama mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak

 

 

2. Jelaskan secara singkat apa yang dilakukan oleh fasilitator pada Lokakarya Calon Guru Penggerak?

Yang dilakukan oleh Fasilitator pada lokakarya Calon Guru Penggerak adalah  membimbing dan mendukung keberhasilan CGP. Fasilitator juga berperan sebagai mentor, konselor, dan pemandu Calon Guru Penggerak. Fasilitator juga membantu Calon Guru Penggerak menjadi pemimpin pendidikan dengan cara efektif, seperti memberikan arahan, masukan, saran, umpan balik, dan dukungan moral yang dibutuhkan. Sebagai bagian dari pendampingan individu, fasilitator dan pengajar praktik harus bisa bekerja sama untuk memastikan bahwa Calon Guru Penggerak ini mendapatkan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan berkembang secara optimal.

3. Aktivitas mana saja yang harus diberikan penilaian?

Aktivitas yang harus diberikan penilaian yaitu

Kehadiran CGP pada kegiatan Lokakarya.

Keaktifan CGP dalam menyelesaikan lembar tugas dari Pendamping Praktik pada kegiatan Lokakarya

Keaktifan CGP pada ruang Virtual (diskusi melalui G-meet)

Ketepatan waktu CGP dalam memenuhi tagihan pada LMS.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar