Jumat, 05 April 2024

 

Refleksi Budaya Positif


Apa pelajaran yang diperoleh selama melakukan aktifitas di modul 1.4?
Your Answer:

Pelajaran yang saya peroleh selama melakukan aktifitas di modul 1.4 adalah konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep budaya dan lingkungan positif di sekolah yang berpihak pada murid.

Selain itu juga tentang  konsep disiplin positif untuk menciptakan murid dengan profil  pelajar Pancasila.

Juga tentang  peran sebagai guru untuk membangun budaya positif dengan menerapkan konsep disiplin positif  dalam berinteraksi dengan murid

Saya juga belajar tentang Teori motivasi perilaku, hukuman, dan penghargaan, restitusi, Keyakinan kelas, Restitusi : 5 Posisi kontrol.serta Segitiga restitusi.


Apa yang akan dilakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP?
Your Answer:

Yang akan saya lakukan untuk perbaikan dalam melaksanakan kegiatan fasilitasi CGP dalam modul 1.4 yaitu mengajak CGP untuk merumuskan Visi dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa. Selain itu juga mengajak CGP untuk belajar bersama cara menerapkan Inquiri Apresiatif menurut BAGJA.

Saya juga akan mengajak CGP untuk menganalisis makna restitusi serta mempraktekkannya, refleksi dari pemahaman CGP atas keseluruhan materi Modul Budaya Positif . Selain itu juga meminta CGP untuk menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk mewujudkan budaya positif,  motivasi perilaku manusia kebutuhan dasar, posisi kontrol restitusi,  serta keyakinan kelas

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar