Jumat, 05 April 2024

 

Refleksi Diri Modul Coaching


Question 1

Apa yang sudah Anda pahami dan dapat lakukan dengan baik?

Your Answer:

Ini hari ke 2 materi tentang coaching serta penerapannya. Hari ini saya dan 2 orang teman CPP melakukan praktik coaching secara bergantian. Saat menjadi coach saya sudah dapat melakukan praktik coaching dengan baik sesuai dengan alur. Antara coach dan coachee terjalin kemitraan, mengalir tanpa ada kesan menggurui. Coachee merasa terbantu dengan pertanyaan pemantik dari coach (saya) sehingga baik pada saat pra observasi dan pasca observasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan.

 
Question 2

Apa lagi yang masih perlu Anda lakukan untuk meningkatkan pemahaman Anda dan agar dapat melakukan percakapan coaching dengan lebih baik?

Your Answer:

Saya harus sering mempraktekkan ilmu Coaching model TIRTA ini. Dengan terbiasa praktek, maka saya akan paham dan kompetensi saya dalam coaching meningkat. Tentunya saya ingin berlatih coaching dengan sesama rekan CPP yang memang sudah mempunyai dan  sudah paham Coaching. Selain itu saya perlu mengasah kemampuan untuk mengajukan pertanyaan berbobot untuk menggali segala kekuatan atau kompetensi yang ada pada diri coachee.

 
Question 3

Apa 3 tindakan spesifik yang akan Anda lakukan dalam satu minggu ke depan sehubungan dengan pertanyaan kedua?

Your Answer:
  1. Saya akan melakukan Coaching dengan sesama rekan CPP, sambil mengingat kembali ilmu tentang Coaching. 

Agar tetap presence sebelum melakukan coaching, sudah harus punya gambaran pertanyaan-pertanyaan apa yang di ajukan.

  1. Saya akan saling memberi umpan balik terhadap rekan CPP yang diajak untuk praktek Coaching.

Pada saat kegiatan coaching, coach membuat catatan-catatan kecil tentang apa yang disampaikan oleh guru (coachee) 

  1. Untuk memperbaiki/meningkatkannya saya akan terus berlatih untuk melakukan praktik coaching ini dan merefeksikan apa yang masih kurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar