Jumat, 05 April 2024

 

Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata - Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik


Tuliskan apa saja perubahan yang didapat Anda terhadap tujuan, refleksi dan umpan balik?

  1. Tadinya saya pikir penentuan tujuan itu……...ternyata….
  2. Tadinya saya pikir refleksi itu…..ternyata…..
  3. Tadinya saya pikir umpan balik itu….ternyata….
Your Answer:

a. Tadinya saya pikir penentuan tujuan itu hanya sebatas tujuan di awal saja ternyata ada golden circle atau pertanyaan pemantik yang dapat mengantarkan untuk mencapai tujuan. Golden circle itu adalah

WHY ( Apa tujuan saya? , Mengapa saya menetapkan tujuan tersebut? , Apa saja hal-hal yang saya yakini selama ini?  Apa saja hal-hal yang memotivasi saya?

HOW (Apa strategi yang akan saya terapkan untuk mencapai tujuan?  

Apa saja yang saya butuhkan untuk menjalankan peran saya sebagai Pengajar Praktik?

WHAT (Apa saja langkah-langkah konkrit yang akan saya jalankan?  

Kapan atau berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk menjalankan langkah-langkah tersebut?

 

b. Tadinya saya pikir refleksi itu hanya berisi ungkapan setelah kegiatan berakhir ternyata refleksi merupakan proses memikirkan peristiwa, mengajukan pertanyaan untuk mengeksplorasi mengapa peristiwa terjadi, apa yang berbeda, apa yang baru, apa yang dirasakan, dan tindakan apa yang mungkin bisa memberikan hasil yang yang lebih baik. Melalui refleksi,

individu dilatih untuk senantiasa berpikir kritis dan terus belajar.

 

c. Tadinya saya pikir umpan balik itu hanya berisi apresiasi atau pujian saja ternyata umpan balik memungkinkan seseorang melihat zona buta (blind spot) sehingga dapat memperluas pemahaman di luar sudut pandang diri sendiri. Hal ini akan memberi wawasan tentang diri sendiri yang ungkin tidak disadari sebelumnya, karena seseorang tidak selalu bisa melihat dirinya seperti yang orang lain lihat. Umpan balik bertujuan untuk membantu seseorang meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tujuannya, untuk perbaikan dan meningkatkan kualitas diri yang bertahan lama.

 

 

 
Question 2

Bagaimana hasil pembelajaran Anda tentang Penetapan Tujuan, Refleksi dan Umpan Balik akan Anda gunakan saat lokakarya dan pendampingan individu?

Your Answer:

Hasil pembelajaran tentang Penetapan Tujuan, Refleksi, dan Umpan Balik akan sangat berguna saat lokakarya dan pendampingan individu:

 

  1. Penetapan Tujuan: Sebelum memulai lokakarya atau pendampingan individu, penting untuk menetapkan tujuan yang jelas dan terukur untuk diri sendiri dan CGP. Dengan menetapkan tujuan yang jelas, kita dapat mendedikasikan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya, mengenali kemampuan diri, potensi diri dan CGP, serta mengukur kemajuan-kemajuan. Dengan begitu kita tahu ke mana kita akan pergi, dan kemungkinan besar kita benar-benar tiba di tujuan, serta membantu memotivasi CGPdan membangun fokus pada tugas yang perlu diselesaikan.
  2. Refleksi: Saat melakukan lokakarya atau pendampingan individu, penting untuk memberikan waktu untuk refleksi. Refleksi membawa individu untuk membangun kesadaran untuk memikirkan hasil belajar lebih dalam yaitu menganalisis, menggali, menemukan mengembangkan wawasan; mengungkapkan gagasan dengan objektif disertai alasan atau bahkan literatur yang mendukungnya; dan menarik kesimpulan lebih lanjut yang mengarah pada tindakan peningkatan dan perbaikan ke depan secara berkesinambungan.
  3. Umpan Balik: Memberikan umpan balik yang konstruktif dan terukur juga sangat penting dalam lokakarya dan pendampingan individu. Umpan balik merupakan alat pembelajaran yang bermanfaat, dan memberikan umpan balik adalah praktik instruksional yang direkomendasikan. Untuk itu, Pengajar Praktik perlu memanfaatkan umpan balik sebagai salah satu bagian untuk mendukung proses belajar CGP yang didampingi dan untuk membantu CGP memberdayakan diri.

 

Untuk meningkatkan kualitas lokakarya dan pendampingan individu, penting untuk menggunakan ketiga elemen ini secara terintegrasi dan terus menerus. Penetapan Tujuan dapat membantu memulai dengan tujuan yang jelas, Refleksi dapat membantu peserta belajar dari pengalaman mereka, dan Umpan Balik dapat membantu mereka memperbaiki kinerja mereka dan mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat dan efektif.

 
Question 3

Mengisi rencana penerapan refleksi dan umpan balik saat lokakarya dan pendampingan

  1. Refleksi
    1. Identifikasikan kembali kapan Anda melakukan refleksi bersama CGP?
    2. Apa saja alat bantu yang bisa dipakai untuk membantu proses refleksi saat lokakarya?
  2. Umpan Balik
    1. Identifikasikan kembali kapan umpan balik digunakan saat lokakarya?
    2. Apa saja metode/cara yang akan dipakai untuk membantu proses pemberian umpan balik?

Your Answer:

Refleksi :
1. Saya melakukan  refleksi bersama CGP pada saat Lokakarya yaitu pada saat setiap sesi dalam lokakarya dan pada akhir lokakarya. Untuk bisa mengetahui bagaimana perasaan CGP, bagaimana pembelajaran yang didapat oleh CGP. Selain itu Refleksi digunakan untuk mengevaluasi kegiatan Lokakarya yang sudah berlangsung, apakah perlu adanya perbaikan atau peningkatan.

2.Alat bantu yang bisa dipakai untuk membantu proses refleksi saat lokakarya adalah kertas Plano dan papan plano, kertas sticky note warna warni, spidol warna dan alat tulis yang lainnya.  

 

Umpan Balik :

  1. Umpan balik digunakan pada saat lokakarya adalah pada saat tiap selesaimenghasilkan produk misal berupa kertas presentasi, atau setelah kelompok presentasi, maka diminta umpan balik, supaya dapat mengetahui apakah yang ditampilkan bisa di terima atau tidak. Dengan adanya umpan balik dari CGP yang lain akan bisa meningkatkan performa sesama CGP. 

2.Metode atau cara yang akan dipakai untuk membantu proses pemberian umpan balik, dengan menggunakan lesan, disampaikan secara langsung, di tulis di google form, atau menggunakan kertas dan alat tulis yang lainnya. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar