Question 1

Apa saja hal-hal yang telah berjalan dengan baik?

Your Answer:

Di setiap sesi pembelajaran baik  materi menetapkan tujuan, refleksi, dan umpan balik serta coaching saya dapat memahami terkait materi dengan baik, apalagi disetiap teori selalu disertai praktek sehingga semakin tercerahkan.

 
Question 2

 Apa saja hal-hal yang menantang?

Your Answer:

Hal yang menantang bagi saya adalah mempraktekkan coaching. Saya harus memperdalam lagi dengan terus berlatih sehingga dapat terbiasa untuk melakukan coaching sesuai alur dan dapat menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang berbobot dan menggali coachee untuk menemukan potensi dirinya

 
Question 3

 Apakah ada hal-hal yang membuat Anda tidak dapat melihat dengan jelas, atau tidak yakin apa yang harus dilakukan?

Your Answer:

Menurut saya semua materi yang disampaikan bagus dan sangat menunjang peran saya sebagai Pengajar Praktik. Jadi tidak ada hal yang membuat saya menjadi tidak yakin.

 
Question 4

 Apakah ada hal-hal yang berbeda dari yang Anda ketahui/lihat selama ini?

Your Answer:

Menurut saya tidak ada hal yang berbeda dari yang saya ketahui selama ini. Dari pembelajaran yang saya peroleh justru semakin komplit pemahaman saya baik tentang penetapan tujuan, refleksi, umpan balik maupun coaching.

 
Question 5

 Apakah ada hal-hal yang mengejutkan Anda?

Your Answer:

Hal-hal yang mengejutkan saya diantaranya adalah saat memberikan umpan balik, ternyata ada teknik umpan balik yang bagus menggunakan model EPIK (empati, posisi, intensi dan kualitas). Berikutnya adalah saat memberikan refleksi, ternyata ada 9 aspek yang terdapat di dalamnya. Selama ini saya membuat refleksi berdasarkan template misalnya model 4P, FSB, model topi, dan seterusnya yang mungkin belum mncakup 9 aspek tersebut.

 
Question 6

 Apakah ada sesuatu yang mengubah Anda, atau menyebabkan Anda mengubah apa yang telah Anda ketahui sebelumnya?

Your Answer:

Hal yang mengubah saya adalah tentang membuat refleksi, pemberian umpan balik serta coaching menggunakan alur TIRTA

 
Question 7

 Apakah ada konflik selama pembelajaran berlangsung? Mengapa dan bagaimana Anda menanggapinya?

Your Answer:

Alhamdulillah tidak ada konflik selama pembelajaran berlangsung. Instruktur yang baik hati, para peserta CPP semuanya baik, meski terkadang ada perbedan pendapat atau cara pandang kami bisa menyikapi dengan bijak daan dewasa.

Kalaupun ada konflik sifatnya adalah internal yaitu konflik batin karena banyaknya tugas yang harus diselesaikan dengan tepat waktu sedangkan saya juga sebagai kepala sekolah yang terkadang tidak bisa mengikuti rapat dinas karena sedang mengikuti zoom, juga interaksi dan komunikasi dengan keluarga menjadi berkurang. Selain itu juga karena ini dalam suasana Ramadhan, menjalankan ibadah jadi rasanya kurang khikmat.