Jumat, 05 April 2024

 

Refleksi Hari ke 5


Silakan identifikasi pada segitiga di bawah ini mengenai apa yang Anda pelajari dari pembelajaran hari ini.


 
Question 1
Setelah pembelajaran ini akhirnya saya memahami...
Your Answer:

Setelah pembelajaran ini akhirnya saya mampu memahami 

 

Memahami tentang pentingnya menetapkan tujuan atas apa yg akan kita capai dengan merumuskan cara mencapai tujuan melalui golden circle (how, why, what) dan metode SMARTER (spesifik, makna, arah harus jelas, rasional, target waktu, evaluasi, revisi)

 

Refleksi itu perlu dan  penting

Pengalaman akan semkin bermakna bila direfleksikan

Dg refleksi kita mengetahui faktor-faktor yang memperngaruhi sesuatu, baik internal maupun eksternal

Memikirkan langkah untuk penyelesaian

Refleksi penting agar terus konsisten dalam menjalankan profesi kita,  koheren

dalam pikiran, kata dan tindakannya, serta menjaga komitmennya untuk membawa perubahan yang transformatif.

 

Pengetahuan tentang dasar-dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD), 

Keterampilan mengelola pembelajaran yang berpihak pada murid pada konteks lokal kelasdan sekolah agar terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter, 

Sikap reflektif-kritis dalam menerapkan pembelajaran yang merefleksikan dasardasar Pendidikan KHD dalam menuntun murid mencapai kekuatan kodratnya.

 

 

 
Question 2
Setelah pembelajaran ini akhirnya saya mampu...
Your Answer:
  1. Memahami umpan balik itu adalah sebuah saran atau kritik namun kadang  bisa jadi menjatuhkan karena menggunakan kata atau kalimat yang kurang tepat sedangkan menurut narasumber umpan balik itu harus dilakukan dengan ikhlas dan meminta izin terlebih dahulu untuk memberdayakan bukan menjatuhkan orang lain dengan menggunakan kata yang tepat diantaranya menghilangkan kata tapi dan mengganti dengan kata dan kemudian atau lalu.

    Melakukan refleksi

    Memahami tujuan refleksi

  2. Memberikan jawaban reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran(filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara, 
  3. Membuat refleksi diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara. 
  4. mengeksplorasi (memaknai dan menghayati) nilai-nilai luhur sosial budaya di daerah asaldalam menguatkan dan menebalkan Konteks (kodrat) Diri Murid sebagai manusia dananggota masyarakat.

 

 
Question 3
Setelah pembelajaran hari ini perasaan saya...
Your Answer:

Saya merasa lebih terbuka pemahaman saya tentang konsep penetapan tujuan, refleksi, umpan balik dan pendidikan memerdekaaan. juga merasa senang karena tadi belajar simulasi membuat tujuan, refleksi dan umpan balik. selain itu juga saat di ruang kolaborasi diskusi berjalan sangat seru semua peserta memberikan tanggapan sehingga saya semakin paham.

Senang, semangat, tercerahkan

Senang karena saya memiliki pengalaman baru bersama orang orang yang cerdas dan penuh semangat

Saya merasa selama ini yang saya terapkan masih banyak kekurangan terutama dalammenerapkan pemikiran KHD yakni menghamba pada anak/siswa 

Saya merasakan menjadi orang yang berbeda yang setelah tau semua tentang pemkiran Ki Hajar Dewantara akan menerapkan bagaimana memulyakan seorang siswa dengan memberikan pembelajaran yang berpihak kepada anak, karena sesungguhnya kodrat anak itu adalah baik tinggal bagaimana lingkungan pembentuknya

 
Question 4
Setelah pembelajaran ini target saya berikutnya...
Your Answer:

Saya harus membuat tujuan terkait tugas sebagai CPP, melatih membuat refleksi dengan berbagai model juga melatih cara memberikan umpan balik positif dengan mengapresiasi, memberikan perbaikan dan menawarkan solusi dan menghindari kata "tapi"

Melakukan refleksi dari setiap kegiatan yang saya lakukan, baik untuk urusan pribadi apalagi yang terkait dengan urusan banyak orang yaitu lembaga yang saya pimpin

 

Membuat jadwal sistematis untuk lembaga dalam melakukan refleksi selain yang bersifat temporer dan insidental

 

Menindaklanjuti kegiatan refleksi kepada guru-guru agar melakukan refleksi pembelajaran mereka

 

Membimbing CGP untuk membuat refleksi tentang pembelajaran yang dilakukan

Melakukan refeksi terhadap apa yang saya pelajari pada modul 1.1 dan modul 1.2 2.

Mempelajari modul berikutnya yaitu modul 1.3 dan modul 1.4

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar